Uncategorized

Simak Review Produk Leica M Monochrome yang Satu Ini

Kamera monochrome Leica M adalah jenis kamera khusus yang hanya bisa mengambil foto tanpa warna alias hitam-putih atau black and white. Mengapa pihak pabrikan mau meluncurkan produk kamera seperti ini? Bukankah produk kamera biasa juga bisa mengambil gambar black and white setelah diubah settingan-nya? Jawabannya ada pada kualitas hasil foto itu sendiri. Pada kamera monochrome, tidak terdapat filter warna yang biasa ditemukan pada kamera biasa. Artinya, setiap pixel pada lensa akan bisa menangkap tonal abu-abu dengan sempurna. Hasilnya adalah foto yang sangat tajam bahkan jika dibandingkan dengan hasil foto dari kamera biasa yang punya ISO jauh lebih kecil.

Kamera Monochrome dari Leica

Leica M Monochrome, kamera retro seharga mobil | Techno.id

Kamera monochrome memang jarang dibuat, karena itulah harga kamera jenis ini biasanya jauh lebih mahal dibanding kamera biasa. Pabrikan kamera premium asal Jerman, Leica, pun tidak ingin ketinggalan meluncurkan kamera monochrome mereka. Bahkan, versi monochrome dari tiap seri kamera Leica sudah menjadi tradisi. Contohnya adalah kamera Leica type M, yang versi monochrome-nya telah diluncurkan pada Mei 2012 lalu di Berlin, disaksikan oleh jutaan fotografer di seluruh dunia. Dengan kualitas premium yang ditawarkan Leica, maka tak heran jika sekarang Leica M Monochrome mungkin adalah salah satu kamera monochrome terbaik yang bisa dijumpai di pasaran.

Desain Leica M Monochrome

Jual Leica M monochrome M246 - Kota Semarang - snote5 | Tokopedia

Produk Monochrome dari seri M milik Leica ini mempunyai desain yang sangat langsing dengan tebal hanya sekitar 33.75 mm saja. Pada bagian atas kamera, kamu akan menemukan tombol ISO dial yang mudah diakses. Ini akan mempermudah kendali exposure bagi para fotografer yang menggunakan kamera ini. Jika dibandingkan dengan produk-produk kamera monochrome lainnya, kamera monochrome dari Leica ini juga minim tombol. Terhitung hanya ada 3 tombol saja di bagian belakang kamera, tanpa tombol untuk merekam video. Sementara itu, jarak optimum dari mata ke jendela bidik cukup jauh sehingga mereka yang berkacamata akan dapat menggunakan kamera ini dengan lebih mudah.

Kualitas Foto Leica M Monochrome

Leica benar-benar memperhatikan kualitas foto pada kamera monochromo-nya kali ini dengan mengembangkan sensor baru, yakni sensor 24 MP full frame tanpa filter AA agar foto yang dihasilkan mendapatkan ketajaman maksimal. Pihak pengembang juga menambahkan arsitektur micro lensa di dalam kamera untuk menangkap cahaya dengan lebih baik. Hasilnya adalah hasil foto hitam putih yang jauh lebih tajam lagi. Kamera monochrome dari Leica ini juga sudah dipersenjatai dengan fitur Wifi yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer file foto yang sudah kamu ambil dalam format JPG atau RAW. Tak ketinggalan pula, fitur remote kamera yang bisa dikoneksikan dengan smartphone.

Nah, itu dia beberapa aspek penting yang menjadi daya tarik dari kamera monochrome keluaran Leica. Seperti sudah dibahas di atas, kamera monochrome memang jarang dijual karena secara penjualan, peminatnya juga terbatas. Hanya fotografer dengan taste tinggi rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli kamera yang hanya bisa menghasilkan foto hitam putih. Namun, nilai artistik yang bisa didapat dari kamera jenis ini tentu jauh lebih tinggi, apalagi bila dilengkapi dengan teknik memotret yang profesional. Nah, jika kamu termasuk salah satu yang tertarik dengan kamera jenis monochrome keluaran Leica ini, kamu “cukup” merogoh kocek hingga sekitar Rp130 jutaan saja. Bagaimana, tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *