Uncategorized

Ini Dia Beberapa Kelebihan Canon 5D yang Membuatnya Layak Dilirik

Jika kamu adalah orang yang mengikuti perkembangan dunia fotografi, tentu sudah tidak asing lagi dengan seri kamera EOS dari salah satu raksasa kamera dunia, Canon. Sejak diluncurkan ke pasaran, seri EOS ini memang langsung laris manis. Tak heran jika banyak sekali varian seri EOS yang sudah diperkenalkan Canon. Salah satu yang paling mutakhir adalah Canon 5D Mark IV. Sebagai pengembangan dari seri sebelumnya yakni Canon 5D Mark III, tentu ada beberapa pengembangan yang diperkenalkan Canon untuk produk terbarunya ini. Penasaran apa saja pengembangan tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Canon EOS 5D Mark IV Review - Amateur Photographer

Penerus EOS 5D Mark III yang Laris

Sejak EOS 5D diluncurkan ke pasaran pada tahun 2005 silam, seri kamera full frame dari Sony yang satu ini dengan cepat menjadi favorit banyak orang. Alasannya tidak lain adalah karena harga yang relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan produk-produk kamera sejenis lainnya yang ada di pasaran. EOS 5D Mark IV adalah turunan dari produk EOS 5D Mark III yang merupakan produk terlaris dalam deretan seri produk ini. Bersama dengan model EOS 5DS dan EOS 5DS R yang sudah lebih dulu rilis, EOS 5D Mark IV diharapkan menjadi penerus Mark III sebagai kamera dengan resolusi gambar tinggi milik Canon yang paling laris.

Lensa

Kit lensa pada EOS 5D Mark IV menggunakan EF24-105mm f/4L IS II USM, lensa zoom standar yang merupakan upgrade langsung dari lensa EF24-104mm f/4L IS USM yang sudah dipakai sejak generasi pertama EOS 5D. Butuh lebih dari 11 tahun bagi Canon untuk memperbaharui lensa yang ada pada seri ini. Namun, hasilnya cukup memuaskan karena secara umum, performa lensa sudah mengalami banyak peningkatan terutama dari segi ketangguhan, keandalan serta hasil foto yang flawless. Performa lensa ini bahkan bisa diadu dengan lensa dari produk-produk kamera lain dengan jumlah piksel ultra tinggi.

Auto-focus

Pada EOS 5D Mark IV, kita dapat melakukan auto-focus saat layar sedang berada pada tampilan yang diperbesar dalam mode Live View. Fitur ini mungkin akan sangat berguna bagi mereka yang sering menggunakan manual focus (MF) pada pemotretan Live View. Untuk mengaktifkan autofocus saat sedang berada dalam mode Live View, gunakan touchscreen untuk menggerakkan frame AF dan memperbesar tampilan lalu tombol setengah ke dalam untuk mengaktifkan fitur autofocus.

Fitur GPS Built-in dan Wi-Fi

Modul GPS dan Wi-Fi pada EOS 5D Mark IV sudah ditanamkan ke bagian viewfinder body kamera sebelah atas. Modul-modul ini dipasang di bagian yang miring ke kiri dan kanan di bagian atas kamera. Sebagai catatan, EOS 5D Mark IV adalah kamera pertama dalam seri 5D yang menggunakan fungsi GPS. Informasi geotag yang diterima oleh GPS built-in akan disimpan dalam data EXIF hasil foto. Selain satelit GPS Amerika Serikat, EOS 5D Mark IV juga dapat menerima sinyal dari satelit GLONASS milik Rusia dan Michibiki Satelit Quasi-Zenith milik Jepang.

Nah, itu dia beberapa pengembangan yang bisa kamu temukan pada Canon 5D  Mark IV. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, produk kamera yang satu ini tentu jauh lebih menarik dari segi fitur. Nah, apakah kamu tertarik dengan EOS 5D Mark IV ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *