Uncategorized

Sedang Cari Kamera Canggih untuk Pemula? Intip Review Fujifilm XT30 Berikut Ini

Belakangan ini, kamera mirrorless dengan sensor full frame menjadi trend yang berkembang di dunia kamera. Di tengah trend full frame tersebut, Fujifilm sebagai salah satu pabrikan kamera terbesar dunia tidak lantas terbawa arus. Mereka justru tetap fokus pada sistem APS-C sambil terus mengembangkan mirrorless medium format. Setelah tahun lalu sukses dengan mirrorless flagship mereka Fujifilm X-T3 yang menuai sukses, kini mereka menurunkan teknologi dari produk flagship mereka ke produk mirrorless kelas menengah, yakni X-T30. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai kamera Fujifilm XT30 dan menimbang apakah kamera yang satu ini layak beli. Mari kita mulai.

Fujifilm XT30 review - | Cameralabs

Desain Khas dan Ikonik

Bicara soal kamera mirrorless keluaran Fujifilm, kita pasti selalu terkesan dengan desain klasiknya yang sangat ikonik. Seperti kebanyakan mirrorless Fujifilm, X-T30 juga mewarisi desain klasik ini lewat warna charcoal silver yang kental dengan nuansa retro. Dimensi body kamera X-T30 tergolong compact dan terasa nyaman dalam genggaman tangan meskipun ukuran grip-nya relatif kecil. Untuk alasan keamanan, ada baiknya kamu memasangkan strap tambahan, terutama jika kamera sering dipakai setiap hari. Secara umum, body X-T30 cukup didesain dengan baik dengan hampir semua bagian sudah terbuat dari material logam. Hanya sedikit bagian di samping dan depan kamera yang terbuat dari plastik. Sementara itu di bagian belakang, terdapat grip berlapis karet untuk memperkuat cengkraman.

Kemampuan Foto

Fujifilm X-T30 menyuguhkan kemampuan burst shooting yang lebih cepat. Dengan electronic shutter, kamera canggih ini dapat menembak 30 fps secara beruntun. Sementara itu, bila menggunakan mechanical shutter kamera dapat menembak 8fps. X-T30 juga memiliki sistem Hybrid AF dengan 425 phase-detect points yang mencakup seluruh frame. Pilihan focus mode yang tersedia antara lain single point, wide, zone dan all. Sistem autofocus-nya sangat bisa diandalkan, sementara deteksi wajah dan mata juga cukup cepat. Untuk menentukan titik fokus, kamu cukup menyentuh layar atau joystick. Overall, kemampuan foto X-T30 cukup sesuai dengan ekspektasi.

Kemampuan Video

Sekarang kita akan membahas fitur spesial pada X-T30, yakni kemampuannya dalam merekam video. Fujifilm X-T30 dapat merekam video 4K UHD dengan bit rate maksimum mencapai 200 Mbps. Nah, fitur yang dijamin bakal membuat para videografer atau filmmaker tersenyum lebar adalah kamera ini tidak hanya menawarkan output video 4:2:0 8-bit dengan internal recording yang bisa disimpan langsung ke SD card, tapi juga output video 10-bit menggunakan external recorder lewat HDMI. Kemampuan video recording ini juga didukung fitur-fitur tambahan seperti face/eye detection, picture profile F-Log gamma curve dan mode “movie silent control”, di mana kita bisa menyesuaikan ISO, exposure, mic/headphone level, white balance, wind filter hingga Film Simulation dengan layar sentuh tanpa perlu menyentuh tombol fisik. Cukup mumpuni bukan? Meskipun begitu, untuk mencegah overheat, durasi perekaman video 4K pada X-T30 dibatasi hanya selama 10 menit saja.

Berada di rentang harga belasan juta, Fujifilm X-T30 bisa dibilang merupakan salah satu kamera mirrorless kelas menengah terbaik yang keluar pada tahun 2019 kemarin. Kamera canggih ini dikemas dengan sensor, prosesor serta sistem autofocus yang baru. Dengan desain dan sistem kontrol fisik yang seperti terhubung langsung dengan kamera, kamu akan dimanjakan dengan navigasi yang mudah begitu sudah menguasainya. Meskipun ada batasan durasi 10 menit pada perekaman video 4K yang cukup mengganjal, tapi secara keseluruhan Fujifilm X-T30 adalah pilihan cerdas bagi kamu yang sedang mencari produk kamera canggih dengan harga terjangkau. Bagaimana, apakah Anda tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *