Uncategorized

Cara Mengatur Eksposure Pada Kamera Mirrorless Fujifilm

Kamera mirrorless Fujifilm adalah salah satu kamera yang patut untuk kamu pertimbangkan. Kualitas dari kamera ini sudah tidak diragukan lagi dalam dunia fotografi. Dalam dunia motret memotret, kamu perlu mengetahui jenis kamera, teknik pengambilan foto hingga cara mengakali foto yang bagus dalam dunia pemotretan. Untuk itu kamu perlu kamera yang mumpuni agar dapat menghasilkan gambar yang bagus dengan kualitas tinggi.

Fujifilm X-A2, Kamera Mirrorless untuk Menunjang Foto Selfie ...

Salah satunya adalah memahami cara penggunaan eksposure mode di kamera mirrorless ini. Fitur yang satu ini tersedia di hampir semua kamera untuk kebutuhan memotretmu dalam menentukan cahaya yang dihasilkan pada suatu gambar yang kamu ambil. Pengaturan ini bisa disetting manual, hanya saja tidak semua orang tahu dan paham akan pengaturan eksposure agar mencapai hasil yang maksimal.

Berikut ini cara pengaturan eksposure kamera mirrorless Fujifilm yang bisa kamu tiru.

1. Mode Auto

Pengaturan dalam eksposur sebagai fitur kamera yang satu ini dapat mengendalikan secara penuh inti dari kamera. Tidak hanya pada eksposure tetapi juga pada setting kamera lainnya. Dengan menggunakan mode auto ini, kamu bisa menggunakan kamera dengan praktis untuk melakukan pemotretan. Karena mudah, maka bisa dilakukan oleh fotografer pemula. Hal ini karena mode eksposure juga bisa dipelajari dari penggunaan kamera handphone.

2. Mode P

Pengaturan berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan setting di mode P. Mode P atau program ini sebenarnya bekerja secara auto. Tetapi para fotografernya masih bisa menentukan pengaturan lainnya misalnya pengaturan ISO. Semakin tinggi ISO maka akan semakin cerah pula gambar yang dihasilkan. Cocok untuk melakukan pemotretan pada tempat yang pencahayaannya kurang.

3. Mode S

Ada pula mode S yakni Shutter Priority di mana dengan mode ini maka foto akan berfokus pada pengaturan shutter speednya. Ditentukan dengan auto untuk mengatur nilai shutter speed tersebut dan ISO yang dipakai. Jadi mode eksposure pada kamera mirrorles ini digunakan untuk mengatur berapa shutter speed dan berapa ISO yang ingin kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

4. Mode A

Pengaturan eksposure berikutnya adalah mode A. Mode A atau aperture priority adalah mode yang bekerja mirip dengan shutter priority. Mirip bukan berarti sama persis. Tetapi aperture priority ini digunakan untuk mengatur aperture dan ISO untuk mendapatkan eksposur yang diinginkan. Sedangkan shutter speednya akan ditentukan oleh program yang tersedia.

5. Mode M

Pada kamera mirrorles ini terdapat mode lain untuk pengaturan eksposure. Yakni mode M atau manual exposure. Pada pengaturan ini mungkin lebih banyak disukai karena kamu sebagai pemotret atau fotografer bisa mengatur kameramu secara keseluruhan sendiri sesuai kebutuhan. Pengaturan eksposure ini berkebalikan fungsi dengan mode auto. Mode M ini dapat menghasilkan gambar yang bisa kamu atur sendiri sehingga gambarnya bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Cocok untuk digunakan jika mode auto tidak dapat memenuhi kebutuhan foto sesuai dengan setting tempat dan hasil yang diinginkan.

Itulah beberapa setting eksposure pada kamera mirrorles yang bisa untuk kamu gunakan. Penggunaan kamera sendiri sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi tempat di mana kamu melakukan pemotretan. Untuk itu fitur pada kamera yang kamu pakai akan berperan penting demi terciptanya foto yang sesuai.

Ternyata tidak hanya pada kamera mirrorles saja setting ini ada. Tetapi juga pada kamera DSLR. Jadi kamu bisa memilih kamera mana yang paling sesuai dengan kondisimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *