Intip Perbedaan Fujifilm XT100 dan Fujifilm X100F

Mendengar kata kamera, beberapa dari kamu tentu langsung teringat Fujifilm, salah satu merk kamera yang sangat populer. Untuk menjawab kebutuhan para fotografer dalam memotret, Fujifilm juga telah menghadirkan beragam seri kamera yang bisa kamu pilih. Harga dari kamera Fujifilm yang begitu terjangkau membuat banyak semakin tertarik dengan merk satu ini. Fujifilm XT100 dan Fujifilm X100F merupakan dua produk Fujifilm yang begitu populer belakangan ini. Bahkan, kedua tipe kamera tersebut masuk dalam jajaran kamera terbaik di tahun 2020. Nggak heran, jika banyak fotografer begitu antusias membeli kamera Fujifilm ini. Lantas, apa perbedaan Fujifilm XT100 dan Fujifilm X100F? Jika kamu juga menanyakan hal ini, simak ulasan berikut hingga habis. 

Comparison: Fujifilm X100F vs Fujifilm X-T100 | CameraCreativ.com

Source by cameracreativ.com

  1. Layar LCD 

Baik Fujifilm XT100 maupun Fujifilm X100F, keduanya telah dilengkapi dengan layar LCD berukuran 3 inci. Layar inilah yang akan memudahkan setiap aktivitas memotret maupun merekam gambar nantinya. Bedanya, layar LCD yang dimiliki oleh Fujifilm XT100 bisa dengan mudah kamu lipat jika memang dibutuhkan. Konsep tilting screen yang ditawarkan oleh kamera ini menunjukkan bahwa penggunaannya cocok untuk memotret foto selfie maupun merekam sebuah vlog.  

Kamu yang sedang mencari kamera dengan layar fleksibel cocok menggunakan Fujifilm XT100 ini. Namun, konsep tilting screen ini nggak bisa kamu temukan di kamera Fujifilm X100F. Sebagai gantinya, layar LCD Fujifilm X100F ini telah mendukung teknologi control on screen yang akan membuat proses memotret lebih mudah dan cepat. Nggak suka itu, kamera ini juga telah disematkan teknologi hybrid optical atau electronic viewfinder yang berkualitas. 

  1. Sensor 

Fujifilm XT100 hanya dibekali dengan sensor kamera CMOS yang umum digunakan oleh kamera berharga terjangkau. Jika kamu merasa bahwa sensor tersebut terlalu biasa, kamu sebaiknya menjatuhkan pilihan pada Fujifilm X100F. Pasalnya, kamera satu ini telah mendapat dukungan dari sensor APS-C dengan format X-Trans yang berkualitas. Sensor terbaik yang disematkan ini membuat hasil akhir dari foto kamu nantinya jauh lebih tajam dan juga detail. Meski tergolong fotografer pemula, kamu bisa memotret objek dengan hasil yang memukau menggunakan Fujifilm X100F ini.  

  1. Dukungan Video 4K 

Fujifilm XT100 bisa kamu gunakan untuk merekam sebuah video dengan resolusi hingga 4K. Resolusi video tersebut baru bisa kamu dapatkan jika menggunakan kecepatan 15 fps. Meski telah dilengkapi dengan dukungan dari sensor yang lebih baik, Fujifilm X100F nggak menawarkan video dengan resolusi hingga 4K. Namun, bukan berarti Fujifilm X100F nggak bisa merekam video dengan kualitas yang bagus, ya. Sebaliknya, hasil perekaman video kamu nantinya juga akan tetap tampak begitu jernih dan tajam. 

  1. Harga 

Perbedaan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan kedua kamera Fujifilm ini membuat keduanya dibanderol dengan harga yang berbeda. Fujifilm XT100 bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 6 jutaan saja. Sebaliknya, Fujifilm X100F dijual dengan harga 2x lipat lebih mahal, yakni sekitar Rp 17 jutaan. Harga tersebut terbilang masuk akal mengingat kamera ini masuk dalam jajaran kamera premium Fujifilm. 

Banyak fitur unggulan lainnya yang bisa kamu temukan pada Fujifilm X100F ini, diantaranya seperti shutter yang bersuara sangat kecil, performa ISO yang lebih baik, dan masih banyak lagi. Berdasarkan kedua perbedaan yang sudah disebutkan di atas, kini saatnya kamu menentukan pilihan mana kamera yang paling pas dan sesuai dengan bujet serta kebutuhan kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *